Gejala Penyakit Prostat

Gejala Penyakit Prostat – Prostatitis merupakan penyakit peradangan pada kelenjar prostat. Gangguan prostat bahkan dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Radang prostat dapat menimpa pria dewasa  usia 30-45 tahun. Gejalanya berupa rasa tidak enak pada perut bagian bawah atau selangkangan. Penyebabnya dapat berupa kuman, makanan atau unsur psikologis. Radang prostat ini dapat bersifat menahun.

Gejala Penyakit Prostat

Gejala Penyakit Prostat

Gejala Penyakit Prostat

Selain mengalami peradangan, Gejala Penyakit Prostat juga dapat mengalami pembengkakan atau pembesaran prostat. Pembesaran prostat mengganggu aliran kencing. Selain pipa saluran kencing terjepit, alas kandung kemih tersundul, sehingga menjadi tak rata datar lagi.

Akibat jepitan saluran kemih dan tidak ratanya alas kandung kemih, dapat mengakibatkan munculnya Gejala Penyakit Prostat:

  • Pancaran kencing berkurang dan ukuran penampang kencing mengecil
  • Kencing menjadi lebih sering, sedikit-sedikit lalu kepingin kencing lagi
  • Sering kencing malam hari
  • Selalu tak merasa puas sehabis selesai kencing
  • Kemungkinan muncul kencing berdarah

Berikut ini adalah Gejala Penyakit Prostat munculnya gangguan prostat, diantaranya adalah :

  1. Sering buang air kecil
  2. Buang air kecil tidak tuntas
  3. Rasa ingin buang air kecil setelah selesai buang air kecil
  4. Terkadang disertai nyeri ketika buang air kecil
  5. Secara umum, gangguan prostat terjadi pada laki-laki berusia diatas 40 tahun, tetapi laki-laki dengan usia lebih muda dapat pula terkena gangguan prostat.

Penyakit Kanker Prostat

Salah satu jenis sakit prostat yang bisa terjadi pada pria adalah penyakit kanker prostat. Kelenjar prostat merupakan salah satu organ yang terdapat di dalam tubuh pria yang berarti hanya pria saja yang memilikinya dan beresiko untuk terkena penyakit kanker prostat. Penyakit kanker terjadi disaat sel-sel yang normal berubah tumbuh dan juga berkembang tanpa terkendali menjadi tidak normal. Setelah sel-sel tersebut mengalami suatu bentuk konversi, kemudian mereka akan berkembang biak dan setelah itu akan membentuk suatu massa atua benjolan yang disebut dengan istilah penyakit tumor. Karena pertumbuhan dari sel-sel ini sifatnya tidak bisa dikendalikan, kemudian penyakit tumor bisa menyerang ke bagian jaringan yang ada disekiyarnya dan bisa masuk atau mencapai pada organ-organ yang lain lewat dari aliran darah.

Hal inilah yang disebut dengan istilah penyakit tumor ganas atau penyakit kanker. Proses dari dimana penyakit kanker bisa menyerang dan kemudian menyebar menuju ke organ tubuh yang lain disebut dengan metastatis. Jaringan pada kanker yang kemudian menginvasi ke daerah jaringan sekitar mereka dan setelah itu mengambil oksigen dan juga mengambil nutrisi yang sedang mereka butuhkan untuk bisa bertahan. Hampir dari semua penyakit kanker prostat adalah adenokarsinoma dari prostat yang artinya adalah mereka berasal dari sel sekresi yang berasal dari kelenjar prostat.

Kejadian penyakit prostat akibat kanker ini di Amerika mencapai kedudukan periingkat kedua setelah penyakit kanker paru-paru. Dan sekitar setiap tahunnya 200.000 kasus baru yang ditegakkan diagnosisnya dan sekitar 30.000 orang meninggal akibat penyakit kanker prostat. Penyakit kanker prostat juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kematian normon dua akibat penyakit kanker pada pria setelah penyakit kanker paru-p;ari. Kanker prostat sendiri terjadi paling tidak 1 dari 6 orang. Kasus ini mengalami peningkatan selama beberapa tahun terakhir dan angka kematian yang menurun yang mungkin disebabkan karena skrining yang meningkat dan deteksi dini yang dilakukan degan cepat. Selain itu, resiko untuk terkena penyakit kanker prostat mengalami peningkatan secara signifikan dengan usia dan juga kasus 60% nya baru bisa didiagnosa terjadi pada pria yang berusia diatas 70 tahun.

Pada tahap awal penyakit kanker prostat, biasanya penyakit prostat yang satu ini tidak akan menimbulkan gejala penyakit prostat. Hal ini berarti bahwa penyakit kanker prostat kebanyakan yang tidak bisa terdeteksi sampai penyakit kanker sudah mengalami penyebaran menuju keluar prostat. Dimana akan muncul tanda atau gejala penyakit prostat, karakteristik mereka semuanya tergantung dari seberapa berat penyak kanker dan juga penyebaran kanker yang terjadi. Jika penyakit kanker bisa terdeteksi secara awal, kebanyakan pria biasanya tidak akan merasakan gejala apapun.

Gejala Kanker Prostat

Gejala penyakit prostat akibat kanker yang sering muncul adalah :

  1. Sering buang air kecil yang paling utama terjadi di malam hari
  2. Kesulitan untuk bisa memulai dan juga menghentikan aliran kemih
  3. Nyeri saat buang air kecil
  4. Lemah dan mengalami gangguan pada aliran urin atau retensi urin
  5. Perasaan yang tidak lampias saat sedang buang air kecil. Biasanya keluhan ini juga banyak ditemukan pada penderita penyakit prostatitis jinak atau infeksi prostat.

Pemilihan perawatan medis pada penderita penyakit prostat akibat kanker hal yang harus diingat adalah bahwa satu ukurang cocok untuk semua tidak bisa dilakukan. Pemilihan dari jenis pengobatan biasanya tergantung dari usia, kondisi medis secara umum, haraoan hidup dan seberapa cepatnya tumbuh atau kanker sudah menyebar, serta manfaat dan kemngkinan dari efek samping pengobatan yang dilakukan. Rencana perawatan penyakit prostat harus bersifat indibidual untuk setiap pasien semua tergantung dari dokter dalam menentukan terapi dan juga terjadinya suatu kemungkinan efek samping terapi yang terjadi. Pilihan medis yang bisa membantu mengobati penyakit kanker prostat adalah :

  1. Radiasi
  2. Terapi hormon
  3. Operasi
  4. Transurethral resection of the prostate yang biasanya digunakan untuk penyakit tahap awal dalam membantu membuang jaringan yang bisa memlokir buang air kecil
  5. Melakukan kemoterapi.

Gejala Penyakit Prostat


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Prostat and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>