Gejala Prostat

Gejala ProstatProstat berfungsi untuk menghasilkan cairan yang ikut bercampur ke air mani agar sperma dapat berenang untuk membuahi sel telur. Adakalanya prostat akan membesar. Jika membesar prostat akan menjepit saluran kencing yang berada dibagian tengahnya. Keadaan inilah yang menyebabkan gangguan kencing yang berada dibagian tengahnya . Karena sifat perkembangannya yang lamban, maka banyak pria tidak menyadari kalau ia tengah mengalaminya sampai mereka merasakan gejala seperti kesulitan buang air kecil, atau pinggang dan pinggul terasa sakit.

Gejala Prostat

Gejala Prostat

Penyakit Prostat

Ada beberapa penyakit yang menyerang prostat. Radang prostat dapat menimpa pria dewasa muda yang berusia 30-45 tahun. Gejalanya berupa rasa tak enak pada perut baian bawah (selangkangan). Radang prostat disebabkan oleh kuman, makanan, unsur psikologis. Radang prostat dapat berlangsung selama bertahun-tahun.
Prostat tersusun atas sel-sel. SEl yang awalnya jinak berubah menjadi kanker. Penyebabnya hingga kini belum diketahui secara pasti. Ada dua gejala pembesaran prostat, yaitu sumbatan dah iritasi.

Gejala sumbatan berupa buang air kecil terganggu (tersendat-sendat) , pancurannya lemah, buang air kecil tidak tuntas, ragu-ragu untuk membuang air kecil, harus menunggu beberapa saat sebelum buang air kecil. Tentu saja gejala-gejal tersebut sangat mengganggu. Tidak bisa buang air kecil sangat membahayakan, mengapa ? Karena urine akan kembali ke ginjal dan merusaknya. Gangguan sakit prostat yang sering kali ditemui adalah pembesaran prostat jinak, karena semua pria akan mengalaminya sebagai bagian dari proses penuaan.

Penyebab Sakit Prostat

Penyebab sakit prostat pasti belum diketahui, namun seperti halnya gangguan pada organ dan kelenjar tubuh lainnya, gangguan prostat pasti sudah dimulai sejak bertahun-tahun sebelumnya. Banyak penyakit yang gejalanya baru diperhatikan setelah kondisinya sangat mengganggu dan meniimbulkan rasa sakit, seperti gangguan prostat ini.

Sebagian besar penderita kanker prostat baru terdeteksi setalah kankernya menyebar ke organ lain, seperti jaringan tulang , tulang belakang, dan tulang-tulang yang membentuk gelang panggul, dan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Bahkan banyak penderita prostat yang datang ke dokter setelah kondisinya berada pada stadium lanjut, sehingga kemungkinan harapan untuk pulih sangat sulit.

Salah satu jenis penyakit prostat adalah pembengkakan pada prostat yang disebut dengan prostatitis. Prostatitis merupakan peradangan yang terjadi dibagian kelenjar prostat. Gejala prostat yang terjadi pada penyakit pembengkakan prostat adalah :

  1. Susah buang air kecil
  2. Merasa belum selesai buang air kecil atau merasa masih ada urin yang masih belum keluar
  3. Sulit menahan dorongan buang air kecil
  4. Aliran air seni tidak lancar, dan bsia terputus-putus
  5. Aliran urin yang tidak memancar

Salam menjaga kesehatan prostat dan menghindari gejala prostat yang terjadi, maka sebaiknya lakukanlah pemeriksaan jika Anda menemui salah satu gangguan atau keluhan saat sedang buang air kecil. Pembesaran prostat atau prostatitis merupakan salah satu hal yang dianggap wajar untuk pria yang sudah beruia lanjut, namun Anda bisa melakukan teknik pencegahan gejala orostat agar penyakit prostat tidak datang dengan usia yang terlalu dini. Yakni adalah dengan cara mengubah pola hidup agar lebih baik lagi dalam membantu menurunkan resiko yang terjadi pada pembengkakan prostat. Selain itu, melakukan olahraga dengan teratur dan rutin agar membantu mengurangi jumlah lemak yang ada di dalam perut. Kemudian makanlah makanan dengan kadar rendah lemak dan juga mengonsumsi sayuran, dan buah-buahan. Sebaiknya hindari minuman yang mengandung alkohol dengan jumlah yang sangat berlebihan. Lemak yang ada di dalam perut selain membuat resiko terjadinya penyakit prostat, juga bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung.

Dari beragam jenis sayuran yang membantu mencegah terjadinya penyakiti prostat salah satunya adalah sayuran dengan kandungan vitamin C yang tinggi misalnya adalah seperti paprika, brokoli, kembang kol serta tomat. Kandungan zinc yang bsia didapatkan dari dalam tiram, kerang, kepiting, daging bebek, daging sapi tanpa lemak dan juga sangat bermanfaat untuk bisa membantu menjaga kesehatan prostat untuk seorang pria.

Faktor Resiko Penyakit Prostat

Selain itu, faktor resiko yang membuat seseorang menderita gejala prostat adalah :

  1. Faktor genetik atau faktor keturunan
  2. Kebiasaan pola makan yang kurang baik dan kurangnya melakukan aktivitas fisik
  3. Pola hidup atau aktivitas sehari-hari
  4. Perokok aktif atau juga perokok pasif
  5. Tekanan emosi atau mengalami stres dan depreso
  6. Berat badan yang berlebihan atau obesitas yang bisa memberikan resiko pada prostat mengalami gangguan merupakan pria dengan bentuk tubuh yang membesar pada bagian pinggang dengan perut yang buncit membentuk buah apel.
  7. Penderita penyakit diabetes melitus

Operasi merupakan salah satu jalan terakhir yang dilakukan jika memang semua pengobatan yang dilakukan tidak menghasilkan sesuatu yang baik. Bentuk operasi penyakit prostat juga tergantung dari jenis serta penyebab pembengkakan yang terjadi.Untuk pengobatan yang bisa dilakukan dengan pemberian obat salah satunya adalah pemberian obat antibiotik. Terapi dari pergantian hormon atau HRT serta obat yang lain untuk kandung kemih dan juga pengendalian otot kandung kemih bisa saja digunakan dalam membantu mengatasi terjadinya infeksi air kencing, penggantian pada hormon dan juga untuk membantu mengencangkan otot kandung kemih yang mengalami kelemahan. Namun pemakaiannya harus dengan lebih hati-hati karena bagaimanapun pemakaian dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan efek samping.

Gejala Prostat


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Prostat and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>