Prostat Pada Pria

Prostat Pada Pria  – Prostat pada pria itu kelenjar yang hanya ada pada pria. besarnya sebiji kenari. Letak prostat persis dibawah kandung kemih. kelenjar ini ditembus oleh pipa saluran kemih yang keluar dari kandung kemih. Di dalam prostat juga bermuara saluran air mani yang berhulu dari buah zakar.

Sebagian besar isi sperma berasal dari getah prostat. Getah prostat merupakan media agar sel benih spermatozoa yang diproduksi buah zakar dan disalurakan melewati prostat dapat bertahan hidup. Kehiudpan prostat dirangsang oleh hormon laki-laki yang diproduksi buah zakar.

Prostat Pada Pria

Prostat Pada Pria

Penyakit Prostat

Penyakit prostat pada pria dapat meliputi pembesaran prostat atau prostate hypertrophy, selain itu juga dapat tumbuh menjadi kanker prostat dan peradangan prostat tanpa adanya bibit penyakit, infeksi prostat serta batu prostat.

Sakit prostat pada pria umumnya mulai menyerang pria diatas usia 40 tahun. Hal ini disebabkan oleh semakin menurunnya hormon laki-laki, androgen (menopause pada pria). Namun, tak semua pria diatas umur 40 tahun pasti mengalami atau mengidap penyakit prostat. Prostat akan semakin diketahui dan terlihat apabila sudah menunjulkkan gejala yang signifikan seiring bertambahnya usia.

Salah satu jenis penyakit prostat yang banyak menjadi bahan pembicaraan adalah penyakit kanker prostat. Penyakit kanker prostat adalah akibat tumbuhnya sel-sel yang tidak normal di dalam prostat yang menyebabkan terjadinya gangguan penyakit prostat. Pada tahap awal, biasanya penyakit kanker prostat tidak menimbulkan gejala yang signifikan sampai penyakit kanker ini kemudian menyebar secara luas, barulah gejala gejala penyakit kanker prostat muncul.

Gejala Kanker Prostat

Tanda dan gejala penyakit kanker prostat pada pria adalah :

  1. Darah yang ada di dalam urin
  2. Sakit saat mencapai ejakulasi
  3. Rasa terbakar atau juga rasa sakit saat buang air kecil
  4. Mengalami disfungsi ereksi untuk kasus lanjutan
  5. Jika kanker prostat sudah menyebar menuju ke kelenjar getah bening yang letaknya dibagian panggul, maka hal ini bisa menimbulkan rasa sakit atau juga rasa kaku pada punggung bagian bawah, pinggul, serta paha atas dan tidak nyaman dibagian daerah panggul.
  6. Fungsi dari kandung kemih atas yang mengalami kerusakan
  7. Sering mengalami infeksi saluran kemih dengan berulang
  8. Kanker prostat yang stadium lanjut biasanya akan mengalami penyebaran ke arah tulang yang pada akhirnya akan menyebabkan nyeri tulang dibagian pinggul, dan bagian tulang belakang, mengalami patah tulang, tulang yang melemah serta kompresi pada tulang belakang.

Komplikasi Kanker Prostat

Penyakit prostat yang terjadi akibat kanker bisa menimbulkan komplikasi yang terjadi. Komplikasi yang bermunculan biasanya disebabkan karena penyakit kanker itu sendiri atau akibat dari pengobatan yang dilakukan. Masalah inkontinensia atua mengompol dan masakah disfungsi ereksi merupakan salah satu hal yang paling ditakuti oleh pria. Namun, terdapat beberapa terapi penyakit kanker prostat yang bisa dilakukan untuk membantu mengobati dan juga mengurangi gejala penyakit prostat ini.

Komplikasi yang terjadi pada penyakit prostat adalah :

  1. Kanker yang semakin menyebar atau metastatis. Kanker prostat bisa menyebar menuju ke organ yang ada disekitarnya misalnya adalah ke paru-paru, tulang dan juga kelenjar getah bening. Pengobatan yang dilakukan untuk penyakit kanker prostat yang sudah bermetastatis adalah dengan melakukan terapi hormon, terapi radiasi dan juga kemoterapi.
  2. Rasa nyeri yang sangat hebat jika penyakit kanker sudah mencapai ke dalam tulang. Pengobatan yang bisa dilakukan untuk terapi kanker ini biasanya bertujuan untuk membantu menghilangkan rasa nyeri dengan le bih signifikan.
  3. Inkontinensia atau mengompol, baik untuk penyakit kanker prostat dan jga perawatannya yang bisa mengakibatkan terjadinya inkontinensia. Pengobatan ini biasanya tergantung dari jenis ikontinensia. Perawatan yang termasuk ke dalam modifikasi perilaku, melakukan latihan dalam membabtu menguatkan otot panggul atau latihan kegel, penggunaan obat-obatan serta kateter.
  4. Disfungsi ereksi atau impktensi, disfungsi ereksi bisa mengakibatkan terjadinya penyakit kanker prostat atau juga terapinya, termasuk salah satunya adalah perawatan bedah, radiasi atau juga terapi hormon. Dari beberapa obat dengan menggunakan alat vakum biasanya akan membantu mengatasi masalah disfungsi ereksi ini terjadi.
  5. Depresi, pada kebanyakan pria biasnay mereka merasa tertekan setelah diagnosis ditegakkan bahwa mereka menderita penyakit kanker prostat atau juga setelah mencoba untuk bisa mengatasi efek samping dalam pengobatan yang dilakukan. Perawatan yang dilakukan seperti konseling atau juga penggunaan obat antidepresan biasanya akan membuat perbedaan yang terjadi secara signifikan.

Pencegahan Kanker Prostat

Pencegahan penyakit kanker prostat pada pria adalah :

  1. Mengonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi yang baik, dengan mengurangi jenis makanan yang mengandung lemak dan meningkatkan asupan buah-buahan serta sayuran dan biji-bijian yang membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker prostat.
  2. Melakukan olahraga yag membantu untuk menurunkan resiko penyakit kanker prostat dengan cara meningkatkan sistem daya tahan tubuh, meningkatkan sirkulasi dan membantu mempercepat proses pencernaan di dalam tubuh yang kemungkinan memberikan peran aktif dalam melakukan pencegahan penyakit kanker. Melakukan olahraga secara teratur juga bisa membantu memberikan peranan penting dalam mencegah terjadinya pembesaran pada prostat jinak atau prostatitis.
  3. Diet makanan
    Diet makanan dengan kandungan makanan antioksidan di dalamnya.

Prostat Pada Pria


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Prostat and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>